Selasa, 07 Agustus 2012

management isu, management rapat, management negosiasi, management aksi


MANAGEMENT ISU
-   Management isu adalah  proses untuk mengorganisasi secara efektif, efisien, dan optimal dengan menggunakan dan memanfaatkan semua sumber.
-   Isu besar dibuat untuk tujuan besar, Isu lebih besar menutup isu besar, Isu besar dipolarisasi isu-isu sedang, Isu besar diganggu isu-isu baru
-          Konstruksi Isu : Creative thinking, Show, Making
Creative Thinking : Menentukan objek isu
Show : Menunjukkan sisi menarik, Membuat press release, Menunjukkan isu, Mencari sasaran timing isu.

Make Issue : Membuat grand desain isu, Membuat sub isu, Menentukan sumber, Membuat sasaran isu
-          Untuk mengkaji isu dapat dilakukan analisis SWOT atau yang lebih sederhana dengan menganalisis 5W1H (what, why, who, when, where dan how)
S= strenght
W= weakness
O= opportunity
T= treathment

S
w
o
So
wo
t
St
wt


MANAGEMENT RAPAT
-          Tujuan rapat : Distribusi dan pertukaran informasi dengan cepat, Informasi semua orang sama, brainstorming dari persoalan, Pemecahan masalah, kerjasama, koordinasi, Mencari komitmen bersama.
-          Rapat tidak efektif jika : Rapat rutin tanpa agenda (goal), Tidak ada yang spesifik (objectif), tidak ada Keputusan, Pihak ketiga yang mengaburkan, Tidak ada mekanisme rapat, Manajemen konflik yang lemah, Dinamika kelompok yang kurang, Individu yang mendominasi, komunikasi hanya satu arah.
-          Contoh model rapat : pembukaan, evaluasi kegiatan pekan lalu, pembahasan agenda rapat, penutupan.


MANAGEMENT NEGOISASI
-          Management negoisasi adalah : proses penetapan keputusan secara bersama dimana pihak-pihak yang terlibat memiliki preferensi yang berbeda atau suatu cara untuk menetapkan keputusan yang dapat disepakati dan diterima oleh dua pihak dan menyetujui apa dan bagaimana tindakan yang akan dilakukan di masa mendatang.
-          2 jenis negoisator :
VALUE CLAIMERS : Memandang negosiasi sebagai proses pertikaian.  Masing-masing pihak berusaha mendapatkan sebanyak mungkin jatah atau kemenangan dan memberikan sesedikit mungkin jatah atau kemenangan bagi lawannya. Cara yang digunakan adalah taktik yang manipulatif, argumen yang memaksakan, konsesi terbatas dan tawar-menawar yang alot.
VALUE CREATORS : Mengutamakan proses yang akan menguntungkan kedua belah pihak. Mencoba untuk menciptakan nilai tambah bagi kedua belah pihak yang bernegosiasi.  Cara yang digunakan adalah dengan mengembangkan hubungan yang kolaboratif, mengutamakan penyesuaian kepentingan kedua belah pihak, bersikap ramah dan kooperatif.
-          Paradigma negoisasi : Kalah-menang, Menang-menang, Kalah-kalah.
-          Dalam negosiasi tujuan utamanya adalah menciptakan keuntungan kedua belah pihak.


MANAGEMENT AKSI
-        Bentuk-bentuk aksi : aksi demonstrasi, aksi mogok makan, aksi tutup mulut, aksi tulisan, aksi sosial, dll.
-  Kita harus aksi karena : Melawan Tirani / Kedzoliman, Membentuk Opini, Bentuk Pembelaan ( Mahasiswa ).

-          Perangkat-perangkat aksi :
Jendral Lapangan / koordinator lapangan
Dinamisasi Lapangan
Tekhnik lapangan
Acara
Keamanan
Perlengkapan
Logistik
Kesehatan
Negosiator










Tidak ada komentar:

Posting Komentar