MANAGEMENT ISU
- Management
isu adalah proses untuk mengorganisasi secara
efektif, efisien, dan optimal dengan menggunakan dan memanfaatkan semua sumber.
- Isu besar dibuat untuk tujuan besar, Isu lebih
besar menutup isu besar, Isu
besar dipolarisasi isu-isu
sedang, Isu besar diganggu
isu-isu baru
-
Konstruksi Isu : Creative
thinking, Show, Making
Creative
Thinking : Menentukan
objek isu
Show : Menunjukkan sisi menarik, Membuat
press release, Menunjukkan isu, Mencari sasaran timing isu.
Make Issue : Membuat grand desain isu, Membuat
sub isu, Menentukan sumber, Membuat sasaran isu
-
Untuk
mengkaji isu dapat dilakukan analisis SWOT atau yang lebih sederhana dengan menganalisis 5W1H (what, why, who, when, where dan how)
S= strenght
W= weakness
O= opportunity
T= treathment
|
S
|
w
|
o
|
So
|
wo
|
t
|
St
|
wt
|
MANAGEMENT RAPAT
-
Tujuan rapat
: Distribusi dan pertukaran
informasi dengan cepat,
Informasi semua orang sama, brainstorming dari persoalan, Pemecahan
masalah, kerjasama, koordinasi, Mencari komitmen bersama.
-
Rapat tidak
efektif jika : Rapat rutin tanpa agenda (goal), Tidak ada yang spesifik (objectif), tidak
ada Keputusan, Pihak ketiga yang mengaburkan, Tidak ada mekanisme rapat, Manajemen
konflik yang lemah, Dinamika kelompok yang kurang, Individu yang mendominasi,
komunikasi hanya satu arah.
-
Contoh model
rapat : pembukaan, evaluasi kegiatan pekan lalu, pembahasan agenda rapat,
penutupan.
MANAGEMENT NEGOISASI
-
Management
negoisasi adalah : proses penetapan keputusan secara bersama dimana pihak-pihak
yang terlibat memiliki preferensi yang berbeda atau suatu cara untuk menetapkan
keputusan yang dapat disepakati dan diterima oleh dua pihak dan menyetujui apa
dan bagaimana tindakan yang akan dilakukan di masa mendatang.
-
2
jenis negoisator :
VALUE CLAIMERS : Memandang negosiasi sebagai proses pertikaian. Masing-masing
pihak berusaha mendapatkan sebanyak mungkin jatah atau kemenangan dan
memberikan sesedikit mungkin jatah atau kemenangan bagi lawannya. Cara yang
digunakan adalah taktik yang manipulatif, argumen yang memaksakan, konsesi
terbatas dan tawar-menawar yang alot.
VALUE CREATORS
: Mengutamakan proses yang akan menguntungkan kedua belah pihak. Mencoba untuk menciptakan
nilai tambah bagi kedua belah pihak yang bernegosiasi. Cara yang digunakan adalah dengan
mengembangkan hubungan yang kolaboratif, mengutamakan penyesuaian kepentingan
kedua belah pihak, bersikap ramah dan kooperatif.
-
Paradigma
negoisasi : Kalah-menang, Menang-menang, Kalah-kalah.
-
Dalam
negosiasi tujuan utamanya adalah menciptakan keuntungan kedua belah pihak.
MANAGEMENT AKSI
- Bentuk-bentuk
aksi : aksi demonstrasi, aksi mogok makan, aksi tutup mulut,
aksi tulisan, aksi sosial, dll.
- Kita
harus aksi karena : Melawan Tirani / Kedzoliman, Membentuk Opini,
Bentuk Pembelaan ( Mahasiswa ).
-
Perangkat-perangkat
aksi :
Jendral Lapangan
/ koordinator lapangan
Dinamisasi Lapangan
Tekhnik lapangan
Acara
Keamanan
Perlengkapan
Logistik
Kesehatan
Negosiator
Tidak ada komentar:
Posting Komentar